LPPM Unigoro Dampingi SLP

​Bojonegoro,Sidik.co.id – Lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat ( LPPM ) Universitas Bojonegoro ( Unigoro ) bekerja sama dengan Exxon Mobile Cepu Limited ( EMCL) menyelenggarakan sosialisasi program ( SLP ) sekolah lapang pertanian ke 2 di Kantor kecamatan Gayam (11/12/17)

Acara tersebut dihadiri oleh Arief Januarso meneger SLP, Ikwan perwakilan EMCL dan para undangan lainnya.

Peserta pelatihan SLP ( sekolah Lapang pertanian )  ini meliputi 4 Desa, yakni Desa Brabuwan ,mojodelik ,Gayam dan Bonorejo

Masing – masing desa mengirimkan 20 Petani dan 5  pemuda  taruna tani yang akan dilatih untuk mendalami bidang pertanian bertujuan untuk membentuk regenerasi  petani muda yang berwawasan teknologi.

Ichwan Arifin Supervisor EMCL dalam sambutanya menyampaikan inti dari program ini merupakan respon dari EMCL dari aspirasi masyarakat dalam  hal pertanian.

Ichwan menambahkan, EMCX menyadari diluar tugas utama mengelola migas ingin memberikan kontribusi kerja sama saling memberi manfaat kepada masyarakat petani sekitar lapangan minyak Banyu Urip.

Harapannya  program ini berjalan dengan baik untuk masyarakat penerima manfaat. Dengan kombinasi alih pengetahuan bagi pemuda yang mempunyai ketertarikan di budang  pertanian ” ucapnya.

Sementara Arief Januarso ketua yayasan Suyitno sekaligus Manager program SLP ke 2 ini menjelaskan kepada awak media bahwa Unigoro Akan mendampingi petani selama 6 bulan sebagai tindak lanjuti dari SLP yang pertama

Tujuan dan sasaran program SLP ke 2 ini yakni mewujudkan petani cerdas yang mampu mengelola pertanian secara optimal, penguatan kelembagaan taruna tani, dan meningkatkan hubungan yang harmonis antara perusahaan dengan peserta SLP.

Jenis kegiatannya yakni, kunjungan lapang, petani dan taruna tani akan diajak belajar ke Desa Lain yang memiliki pertanian yang lebih maju.

Untuk kegiatan bagi petani yakni , pembuatan dapog, pembuatan booster padi, pembuatan pupuk organik, pembuatan biopori sawah.

Sedangkan kegiatan untuk pemuda tani, penguatan kelembagaan taruna tani, pengenalan dasar – dasar pertanian, motivasi petani muda, hidroponik, optalisasi pekarangan, adopsi introduce species, usaha  pertanian produksi, dan  pemanfaatan limbah  peternakan untuk pupuk organik, serta pengelolaan websitenya ” ucap Arief.

Masih menurut Arief beberapa Jenis kegiatan diangaranya, persiapan penanaman ( tips memilih benih. Metode seleksi benih, persiapan lahan, dan pembibitan alternatif )

Perawatan ( penanaman,pemupukan, dan pemberian nutrisi darsan, pengendalian hama ), sistem resi gudang, asuransi panen, dan pinjaman modal petani.

Arief berharap dengan kegiatan SLP ke 2 ini masyarakat yang menerima manfaat semakin banyak dengan tujuan mewujudkan petani cerdas mampu menekan biaya produksi dan Setelah adanya SLP yang di damping Universitas Bojonegoro semakin meningkatkan produksi para petani ( Ex/Red развод payperprofitsbankоптимизацияseo оптимизация цена