156 Jiwa Di Dukuh Plukisan Desa Pelem Merasakan Fasilitas Air Bersih

oleh

Bojonegoro, sidiknusantara.com – Setelah kurang lebih empat dekade mengalami kekeringan air, sekarang warga dukuh Plukisan desa Pelem kecamatan Purwosari yang terletak di area jalur pipa proyek pengembangan lapangan gas Jambaran Tiung Biru (JTB), merasakan lancarnya fasilitas air bersih melalui Program Penyediaan Failitas Air Bersih.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 bekerjasama dengan Yayasan PARATAZKIA, selama kurang lebih lima bulan melaksanakan kegiatan Program Penyediaan Fasilitas Air Bersih di Desa Pelem, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur.

Dukuh Plukisan RT 17 yang terdiri 156 jiwa dengan 49 KK terletak kurang lebih 3.5 km dari pusat pemerintahan Desa Pelem. Medan yang cukup sulit untuk mencapai lokasi bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor hanya cukup untuk satu arah kendaraan roda empat, melalui jalan poros desa sepanjang area persawahan dan cukup licin saat musim hujan. Akses jalan lebih mudah jika melewati Desa Tlatah namun membuat jarak tempuh 2x lebih jauh.

Hasil penuturan Ketua RT 17 warga dukuh plukisan bahwa sejak 40 tahun bahkan lebih, telah mengalami pergantian Kepala Desa sebanyak 4x, warga setempat selalu mengalami kesulitan air bersih terutama saat musim kemarau. Mobil tanki air dari pemkab selalu mengirirm suplai air bersih untuk mengatasi kesulitan air tersebut. Bersyukur saat ini hadir fasilitas air bersih sampai ke rumah warga masing-masing dengan saluran rumah berupa meteran dan kran air yang mengalir lancar.

“Sebenarnya telah beberapa kali area ini mendapat berbagai program air bersih namun belum ada yang efektif memenuhi kebutuhan air bersih untuk warga. Hal ini karena memang kondisi alam yang sulit mendapatkan sumber air. Hingga Kepala Desa saat ini mengajukan kepada PEPC untuk membantu kesulitan warga yang berada di ring 1 area operasi project JTB Pertamina EP Cepu,” terangnya.

Yayasan Paratazkia yang berdomisili di Desa Pelem mendapat kepercayaan dari PEPC untuk melakukan pendampingan pada program Penyediaan Fasilitas Air Bersih. Diawali dengan survey sumber air dan diskusi dengan tokoh desa disepakati sumber sendang gede di dusun klubuk menjadi sumber air. Kemudian dilakukan pembentukkan HIPPAM Pelem Tirto Asri dan bagaimana cara pengelolaan Air Bersih.

Setelah memastikan kekuatan sumber air berikutnya dibuat 5 sumur komunal dengan kedalaman tiap sumur 12 m dan dihubungkan dengan 2.568 m saluran pipa menuju Tandon air ukuran 10x3x3m yang digerakkan dengan pompa air yang dialiri listrik 5.500 watt dengan panjang lintasan kabel sejauh 835 m, dan diatur dengan rumah panel di sendang tersebut. Sampai kemudian air disalurkan melalui 49 Sambungan Rumah hasil kerjasama dengan teman LSM B25 dan atas support penuh dari Pertamina EP Cepu.

Edi Arto PGA PEPC menuturkan Program Penyediaan Fasilitas Air Bersih ini merupakan program pengembangan masyarakat yang dilaksanakan oleh Pertamina EP Cepu Zona 12 Regional Indonesia Timur Subholding Upstream bekerjasama dengan Yayasan Paratazkia. Dan merupakan komitmen PEPC untuk dapat berkontribusi dalam pemenuhan energi negeri dan juga melakukan pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi.

“Program Penyediaan Fasilitas Air Bersih ini mengcover kebutuhan air bagi 49 KK dan 156 jiwa di dukuh Plukisan desa Pelem, sebagai salah satu bentuk komitment dalam berkontribusi untuk meningkatkan derajat kehidupan Masyarakat di sekitar area operasi Project JTB,” ucapnya.

Sudalhar, LSM Paratazkia menyampaikan bahwa kegiatan sosial dan kesehatan yang menjadi fokus program kerja sangat mendapatkan support dari PEPC.

“Seiring dengan mengalirnya air akan mengalirkan kebaikan dari Program Fasilitas Air bersih, Saya berharap Pengurus HIPPAM Pelem Tirto Asri bisa mengelola dengan baik dan mengembangkan kemandirian operasiona secara berkesinambungan,” ujar Sudalhar, Minggu (27/02/2022).

Sementara, Sudawam Kepala Desa Pelem menyampaikan terimaksih atas kepedulian PEPC dan Paratazkia terhadap warganya melalaui program penyediaan fasilitas air bersih.

“Terima kasih banyak sudah memberikan fasilitas air bersih untuk warga desa pelem dan sangat meraskaan fasilitas air bersih tersebut,” ungkap Sudawam. (Tut/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.