38 Kontingen Porprov VII Jatim 2022 Berhasil Mengoleksi Medali Emas, Perak Dan Perunggu

Daerah, News117 Dilihat

Surabaya, sidik nusantara – Sebanyak 38 Kontingen Kabupaten Kota se-Jawa Timur yang mengikuti Pekan Olahraga Provinsi Porprov VII Jatim, 25 Juni – 3 Juli 2022 yang digelar di Kabupaten Jember – Lumajang – Bondowoso – Situbondo, telah berhasil meraih seluruh Medali Emas – Perak – Perunggu dari Cabang Olahraga (Cabor) dalam nomor yang diperlombakan – dipertandingkan diikuti oleh masing – masing atlet tim kontingen dan merasakan atmosfir juara 1 – 2 – 3.

Dari data porprovjatim.com pada Jum’at (01/07/2022), daftar Perolehan Medali Sementara Porprov VII Jatim : Kontingen Kota Surabaya semakin kokoh sebagai pemuncak dalam pengumpulan medali dan jumlah nilai poin dari konversi medali yang diraih : 645 poin, hitung pecahan dari konversi Medali Emas 101 X 4, Perak 80 X 2, Perunggu 81 X 1.

Posisi tersebut menempatkan Kontingen Kota Pahlawan yang notabene gudangnya atlet karena fasilitas dan infrastruktur olahraga ada di Surabaya ini, semakin melanggengkan tradisi kampiun pesta olahraga Jawa Timuran ini. Posisi 5 Besar selanjutnya Kota Malang, Kabupaten Sidoarjo, Kota Kediri dan Kabupaten Pasuruan, dari jumlah nilai poin yang dikumpulkan untuk posisi 2 – 4 selisihnya cukup jauh, sedangkan untuk Posisi 5 Kabupaten Pasuruan jumlah nilai 226 poin berjarak tipis dengan Kabupaten Malang di Posisi 6 dengan jumlah nilai 223 poin.

Cukup menarik Kontingen Porprov Jatim yang menduduki peringkat barisan atas ini secara geografis dalam kewilayahan kebudayaan mayoritas budaya arek, kawasan Surabaya ke selatan dari Sidoarjo hingga Malang Raya, sedangkan Kediri dan sekitarnya mewakili wilayah kebudayaan Mataraman Wetan, sedangkan Pasuruan dan sekitarnya representasi dari wilayah budaya Pandulungan. Melihat keikutsertaan cabang olahraga dari Kabupaten Kota, ada garis hubungan tradisi budaya dengan cabang olahraga tertentu yang populer baik yang berprestasi atau belum dalam ajang Porprov Jatim ini.

Melihat fenomena itu menjadi tugas pemangku kepentingan terkait dengan keolahragaan di Jawa Timur untuk memajukan olahraga di daerahnya sehingga sebaran perolehan medali dari Kontingen Porprov Jatim ini, bisa merata disetiap daerah dengan tetap menjaga tradisi juara cabang olahraga dari masing masing kontingen.

Ketua Umum KONI Jatim Muhammad Nabil memberikan apresiasi terhadap performa atlet Jawa Timur yang berlaga dalam Porprov Jatim, untuk meraih prestasi yang lebih baik hingga meraih medali dan Juara 1.

Hal ini ditunjukkan oleh atlet atlet yang berasal dari daerah daerah lain, tidak hanya dari Kontingen Kabupaten Kota yang selama mendominasi medali, artinya pembinaan olahraga di daerah berjalan baik hingga berprestasi dan indikasinya bisa dilihat dari sebaran medali.

“Secara individual atletnya sudah merata, bahkan Pacitan buat prestasi baru mendapat medali di cabang menembak dan beberapa daerah lain memiliki peningkatan prestasi yang sama,” terang Nabil, dalam rilis Humas KONI Jatim. (Guh/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.