Babinsa Koramil Temayang Bojonegoro Dampingi Dinas Peternakan Lakukan Vaksinasi Hewan Ternak

Bojonegoro, News8 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Upaya mengantisipasi wabah virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak terus dilakukan. Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ini tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan ternak berkuku belah dan genap seperti sapi, kerbau, kambing dan domba.

Seperti yang dilakukan Babinsa jajaran Koramil 24/Temayang Kodim 0813 Bojonegoro, bersama Bhabinkamtibmas Polsek dan Kepala Desa, turut mendampingi petugas Dinas Peternakan setempat melaksanakan vaksinasi terhadap hewan ternak milik warga diwilayah binaan di Desa Belun Kecamatan Temayang.

Babinsa Belun, Peltu Irwan Susilo, mengatakan bahwa penyakit PMK tersebut mudah menular melalui kontak langsung antara hewan ternak yang terpapar PMK dengan hewan yang rentan penyakit. Sehingga, pihaknya menghimbau kepada warga masyarakat yang memiliki hewan ternak agar rutin menjaga kebersihan sarana prasarana (Sarpras) lingkungan kandangnya.

“Apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera melaporkan ke petugas terkait. Sehingga, mendapat penanganan guna mencegah penularan PMK terhadap hewan yang lain,” ujarnya, Rabu (06/07/2022).

Menurutnya, upaya pencegahan penularan penyakit PMK tersebut dapat dilakukan dengan cara diantaranya membersihkan atau mencuci kandang, peralatan, kendaraan, dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan penyakit PMK dengan deterjen atau disinfektan.

“Selain itu dengan memberikan makanan rumput segar kepada hewan ternak, juga vitamin,” pungkasnya. (Tris/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.