Petugas Kecamatan Babat Jemput Bola Perekaman KTP-el Pada Disabilitas Dan Lansia

Daerah, News12 Dilihat

Lamongan, sidik nusantara – Pelayanan administrasi kependudukan di wilayah Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan terus ditingkatkan. Petugas Kecamatan melakukan jemput bola di rumah untuk perekaman biometrik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Lansia, dan Disabilitas, Selasa (20/09/2022).

Perekaman tersebut dilakukan berdasarkan data yang sudah diverifikasi oleh Dinas Sosial. Dari data tersebut, terdapat beberapa ODGJ, Lansia dan Disabilitas yang belum mengantongi KTP-el. Menurut Kepala Desa Babat, Faris Hasby menjelaskan, jumlah tersebut bisa bertambah sesuai kondisi di lapangan.

“Jika saat tim bertugas menemukan warga yang belum tercatat atau terekam, masih bisa kami layani,” jelasnya.

Menurutnya, kegiatan ini untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat berkaitan dengan pelayanan kesejahteraan sosial yang harus memiliki KTP dan KK. ODGJ, Lansia, dan Disabilitas, juga berhak memperoleh KTP-el. Faris habsy, 100% masyarakat kelurahan babat yang sudah berusia 17 tahun memiliki KTP-el.

“Untuk itu kita ’jebol desa’ dengan mendatangi rumah-rumah warga yang tidak bisa kemana-mana karena keterbatasan mereka,” ujarnya.

Dirinya juga berpesan, apabila menemui warga kelurahan babat yang belum memiliki KTP-el untuk dilaporkan ke perangkat Desa agar segera direkam identitasnya oleh petugas kecamatan.

“Kegiatan ini sangat ditunggu-tunggu. Semoga dapat terus berkelanjutan, sehingga masyarakat yang berkebutuhan khusus dapat terpenuhi kebutuhannya dan terlayani dengan baik,” pungkasnya.

Kali ini, petugas kecamatan mendatangi rumah warga di Kelurahan babat untuk melakukan perekaman anang sunarko, Petugas Registrasi kelurahan Kecamatan babat, sangat mengapresiasi kegiatan perekaman ini. Sementara itu, salah satu warga yang memiliki kerabat ODGJ mengaku sangat terbantu dengan program ini.

“KTP sangat berguna untuk kegiatan sehari-hari, sehingga kedatangan para petugas untuk merekam KTP sangat membantu kami,” ucapnya. (Wan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.