TNI-Polri Dukung Penuh Sukseskan PSN Bendungan Karangnongko  

Bojonegoro, sidik nusantara – Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah dan jajaran Forkopimda menghadiri acara pembinaan RT/RW dan BPD se-Kecamatan Margomulyo, Senin (22/5/2023). Acara digelar di rumah Lina Kader Posyandu Dusun Bungkul RT 4 RW 5 Desa Sumberjo Kecamatan Margomulyo. Acara diikuti sekitar 150 orang.

Selain Bupati Bojonegoro, tampak hadir jajaran Forkopimda diantaranya Dandim 0813 Letkol Arm Arif Yudo Purwanto dan Kapolres AKBP Rogib Triyanto. Selain itu juga hadir Kapolsek dan Dapos Ramil, Camat Margomulyo sebagai penanggungjawab kegiatan, seluruh kades se-Kecamatan Margomulyo, serta ketua RT-RW dan BPD se Margomulyo.

Dalam sambutannya, Bupati Anna Mu’awanah mengatakan dirinya dan Forkopimda saat ini melaksanakan fungsinya sebagai pimpinan daerah meninjau langsung desa dan melihat program pembangunan. Salah satu pembangunan yang sedang berjalan adalah Bendungan Karangnongko yang akan meningkatkan perekonomian petani.

“Setelah bendungan selesai nanti akan dibangun irigasi buat persawahan dan perkebunan,” kata Bupati.

Bupati Anna menambahkan di bidang pertanian, kini petani mendapat bantuan pupuk. Tidak hanya petani mandiri akan tetapi petani perkebunan/pesanggem juga akan mendapatkan pupuk dan bibit. “Pembangunan di manapun harus ada dukungan masyarakat. Tidak ada program pemerintah yang akan menyengsarakan masyarakatnya,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati juga menyinggung program Pemkab bidang pendidikan, yakni beasiswa 10 Sarjana Per Desa untuk meningkatkan SDM masyarakat. Selain itu juga bidang infrastruktur, yakni target tahun 2025 semua pembangunan jalan sudah selesai.

Kegiatan pembinaan RT/RW ini sendiri sangat penting untuk membantu pemerintah desa dan pemerintah daerah untuk menyampaikan semua program. Harapannya program-program yang ada berdampak baik untuk masyarakat.

Sementara itu, Camat Margomulyo Dyah Enggarini Mukti mengucapkan terimakasih kepada semua undangan yang hadir. Menurut dia, data penduduk Kecamatan Margomulyo sebanyak 21.000 jiwa pada awal 2021. Ia juga menjelaskan berkat program-program Bupati Anna, ada penurunan angka kemiskinan. Yakni dari 58,2% turun menjadi 27%.

“Alhamdulillah bantuan sosial kematian dari Pemkab semula Rp 2,5 juta, kini meningkat menjadi Rp 3 juta.  Saat ini sudah 33 km jalan terbangun. Masyarakat Margomulyo mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemkab Bojonegoro,” terangnya.

Camat Enggar menambahkan saat ini RT mendapatkan honor setiap bulan Rp 150 ribu. Dan tahun depan honor akan dinaikkan menjadi Rp 200 ribu. Camat juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkab yang membangun Masjid Res Area sekaligus Wisata Religi yang sangat besar di Kecamatan Margomulyo.

Dalam kesempatan sama, Dandim 0813 Letkol Arm Arif Yudo Purwanto menuturkan wilayah Kecamatan Margomulyo merupakan perbatasan Kabupaten Ngawi. Adanya masjid megah yang sekaligus sebagai wisata religi nantinya menjadi ikon Kecamatan Margomulyo.

“Selain itu, kedepan akan dibangun Bendungan Karangnongko di wilayah Kecamatan Margomulyo. Mari kita dukung bersama-sama Proyek Strategis Nasional yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Joko Widodo,” terangnya.

TNI-POLRI, lanjut Dandim, berkomitmen selalu mendukung program-program pembangunan dari pemerintah pusat maupun dari Pemerintah Daerah.

Hal sama disampaikan Kapolres AKBP Rogib Triyanto. Kapolres yang baru menjabat sekitar empat bulan ini menegaskan akan membantu progam pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pembangunan. Kapolres juga mengapresiasi kesadaran masyarakat untuk mewujudkan kamtibmas.

“Mari kita dukung bersama Proyek Nasional Bendungan Karangnongko. Harapannya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat Bojonegoro khususnya di bidang pertanian maupun lainnya,” terang Kapolres. (*/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.