Pemkab Bojonegoro Gelar Pelatihan K3 dan Tata Boga, Buka Peluang Usaha dan Kurangi Pengangguran

Bojonegoro, News76 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro melalui Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja melaksanakan pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan tata boga bagi buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. Kali ini pelatihan digelar di Kecamatan Padangan, Senin (24/7/2023).

Bupati Anna Mu’awamah saat memberi sambutan menuturkan pelatihan ini merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Bojonegoro. Bupati berharap setelah pelatihan ini para peserta bisa membuka lowongan pekerjaan.

“Yang tata boga misalnya, bisa buka peluang usaha dua atau tiga orang dari tetangga sekitar,” ungkapnya.

Tidak hanya tata boga, Disperinaker Bojonegoro juga sudah sering menggelar pelatihan keterampilan di bidang lain. Hal tersebut sebagai upaya pengurangan pengangguran dan memenuhi kebutuihan masyarakat di sektor ekonomi. Dalam tiap pelatihan, peserta tidak hanya belajar membuat kue tapi juga belajar mengatur peluang dan kesempatan.

“Hari ini saya doakan bisa menjadi wirausahawan tata boga. Setelah mengikuti pelatihan ini, semua bisa meningkatkan kemampuannya,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Disperinaker Bojonegoro Welly Fitrama menyampaikan tujuan pelatihan ini diantaranya untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi kerja bagi buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok. Selain itu juga untuk menciptakan perluasan kesempatan kerja dan kesempatan berusaha/usaha mandiri.

“Juga bertujuan meningkatkan pendapatan dan taraf hidup masyarakat buruh tani tembakau dan buruh pabrik rokok,” tegasnya.

Lebih lanjut, Welly menjelaskan peserta pelatihan adalah buruh pabrik rokok yang ada di Kabupaten Bojoinegoro, yakni sejumlah 20 orang. Peserta buruh tani tembakau dari Desa Ngeper Kecamatan Padangan sejumlah 20 orang.

Untuk instruktur pelatihan K3 diantaranya Natalia Maharani (Sub Koordinator Kerjasama dan Pengembangan), Santi Oktaviani (Widyaiswara Ahli Muda), Parnoto (Instruktur Ahli Muda).

Sementara Instruktur pelatihan tata boga diantaranya Nita Sulistyaningsih (Asosiasi Pengusaha Makanan Minuman dan Industri Kreatif), dan Mulyadi (Owner Rumah makan Hijau Daun Jaya Dander Bojonegoro yang juga eks Chef Dewarna Hotel)

“Untuk pelatihan kejuruan K3 dilaksanakan selama 10 hari yaitu tanggal 24 Juli sampai dengan 04 Agustus 2023. Karena terdapat uji sertifikasi kompetensi. Lokasi di PPSDM Migas Cepu. Untuk kejuruan tata boga selama 6 hari tanggal 24 sampai dengan 29 Juli 2023 berlokasi di Desa Ngeper Kecamatan Padangan,” pungkas Kepala Disnaker. (Tris/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *