Berikan Pelatihan Ketrampilan Kewirausahaan, Lapas Lamongan Gandeng Yayasan PKBM Media Cinta Ilmu dan Gerai Umum Lamongan

Daerah, News195 Dilihat

Lamongan, sidik nusantara – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur kembali menggandeng pihak eksternal yakni Yayasan PKBM Media Cinta Ilmu dan Ketua Gerai UMKM Lamongan dalam rangka Pelatihan Keterampilan Kewirausahaan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP). Kegiatan diadakan di Aula Lapas Lamongan dan dihadiri langsung oleh Kepala Lapas Lamongan, Kasi Binadik & Giatja, Kasubsi Registrasi, Kasubsi Bimbingan kerja beserta staf dan juga dihadiri juga oleh Ketua Yayasan PKBM Medi Cinta Ilmu Lamongan beserta jajaran dan Ketua Gerai UMKM Lamongan serta diikuti oleh 24 WBP Lapas Lamongan.

Dalam sambutannya, Kepala Lapas Lamongan Mahrus menyampaikan bahwa pembinaan yang ada di Lapas Lamongan selama ini sudah berjalan dengan baik sehingga perlu peningkatan yang sekiranya dapat meningkatkan skill bagi warga binaan.

“Saya melihat dari awal saya masuk di Lapas Lamongan sampai dengan saat ini, terutamanya terkait pembinaan pelatihan kemandiirian dapat dikatakan sudah meningkat lebih baik. Tentunya tidak terlepas dengan adanya sinergitas dari seluruh jajaran Lapas Lamongan yang turut memberikan andil dalam pembinaan ini.” Ucapnya

Mahrus juga menyampaikan bahwa walaupun terdapat berbagai latar belakang yang mempengaruhi jalannya pembinaan namun tidak menyurutkan semangat kami untuk memberikan pembinaan yang terbaik.

“Tidak ada masalah baik latar belakang, ras suku, budaya dan agama untuk mengakomodasi hal tersebut maka dari itu tugas kami yakitu membangun kerja sama dengan stake holder, baik internal maupun dengan eksternal agar kedepannya terbangun suatu pembinaan yang lebih baik.” Tuturnya.

Ia juga menyampaikan bahwa Lembaga Pemasyarakatan tidak akan berjaln tidak bisa berjalan dengan maksimal apabila tidak menggandeng dengan stake holder ataupun dengan pihak ketiga.

“Tugas yang diberikan masyarakat terhadap Pemasyarakatan cukup berat bahkan tidak mampu apbila hanya berjalan sendiri, oleh karena itu tugas kami salah satunya yakni menggandeng dan berkolaborasi dengan pihak eksternal untuk menciptakan pembinaan yang lebih baik.” Ucapnya.

Selain itu, Ketua Yayasan PKBM Media Cinta Ilmu Lamongan Kholwatin turut memberikan sambutan, ia menyampaikan terima kasih kepada Pimpinan Lapas Lamongan karena telah diberikan sarana dan tempat untuk dilaksanakannya kegiatan pelatihan kemandirian.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Kalapas Lamongan selaku pimpinan yang telah memberikan sarana dan tempat bagi kami untuk mengadakan pelatihan bagi teman-teman warga binaan.” Ucapnya.

Kholwatin juga menjelaskan bahwa sebelumnya pihaknya sempat bekerjasama dengan pihak ketiga untuk memberikan pelatihan wirausaha bagi warga binaan.

“Sebelumnya pada tahun 2020 kita sempat melakukan kerjasama dengan pihak ketiga, pada saat itu kami memberikan banyak keterampilan, kemudian kegiatan tersebut lambat laun semakin mengerucut dan terpusatlah pada keterampilan membatik, namun karena adanya virus covid 19 sehingga dengan terpaksa kegiatan tersebut harus dihentikan.” Jelasnya.

Ia menyampaikan bahwa warga binaan yang mengikuti kegiatan ini akan mendapatkan ijazah yang dapat dipergunaan untuk melamar kerja di perusahaan.

“Dengan mengikuti kegiatan ini nantinya teman-teman warga binaan akan mendapatkan ijazah yang dapat digunakan untuk melamar pekerjaan di perusahaan, bilamana teman-teman warga binaan sudah kembali ke tengah masyarakat. Dan saya berpesan bahwa kegiatan Ini adalah kesempatan emas bagi teman-teman warga binaan, sayang kalau tidak bisa ikut kegiatan ini dengan baik dan maksimal” tuturnya.

Selain itu sambutan dari Ketua Gerai UMKM Lamongan bahwa kegiatan ini merupakan langkah awal untuk warga binaan agar mendapatkan keterampilan yang dapat di aktualisasikan.

“Kami bekerjasama dengan Yayasan PKBM MCI Lamongan saat ini kami akan fokus dalam memberikan pelatihan kepada teman-teman dalam membuat produk dan nantinya apabila teman-teman sudah bebas atau kembali ditengah masyarakat, kami akan membantu mengembangkan dan memasarkan produk yang teman-teman produksi nanti.” Tuturnya

Sebelum menutup, Kalapas Lamongan berpesan bagi seluruh peserta pelatihan keteramapilan Kewirausahaan untuk tetap mengikuti pembinaan didalam Lapas Lamongan dengan baik.

“Saya berpesan kepada rekan warga binaan harus mempunyai tujuan yang jelas untuk mencapai kedepan yang lebih baik, dengan apa? Dapat memulai dari hal yang kecil namun dianggap besar yaitu dengan menunaikan shalat. Dimana biasanya tidak bisa shalat 5 waktu didalam sini dapat menunaikan shalat 5 waktu dengan istiqomah,” pesannya. (Wan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *