Tingkatkan Kualitas Sarana Air Bersih, PEPC Bersama Pemdes Semanding Sosialisasikan dan Bentuk HIPPAM

Bojonegoro, News74 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Sebagai bentuk langkah konkret dalam upaya meningkatkan kualitas layanan air bersih bagi warga Desa Semanding. Terselenggara kegiatan Sosialisasi dan rembug desa dalam rangka program peningkatan sarana air bersih untuk masyarakat serta pembentukan HIPPAM (Himpunan Penduduk Pemakai Air Minum) Desa Semanding Kec. Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro, Kamis Siang (12/10/2023). Kegiatan juga dihadiri oleh perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 yakni, Sulthoni Bahri.

Program Peningkatan Sarana Air Bersih ini didukung penuh oleh PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12 dan difasilitasi oleh lembaga FOSPORA (Forum Studi Pengembangan Potensi Daerah).

Dalam sosialisasi seluruh warga desa diajak untuk lebih memahami program peningkatan sarana air bersih yang akan dilaksanakan. Dalam acara tersebut, Kepala Desa Semanding, Suharto, turut hadir dan memberikan arahan serta penjelasan terkait urgensi program ini.

“Kami berterima kasih kepada PT Pertamina EP Cepu dan semua pihak yang telah mendukung program. Semoga program ini dapat kita lancarkan bersama serta bermanfaat untuk warga di tengah musim kemarau ini,” ujar Suharto, Kepala Desa Semanding

“Kami berkomitmen untuk memberikan bantuan pelayanan kepada masyarakat. Termasuk air bersih yang lebih baik kepada warga Desa Semanding. Program ini akan mengoptimalkan sumber daya air yang tersedia dan memastikan akses air bersih yang aman, sehat, dan terjangkau untuk semua warga desa,” ungkap Sulthoni Bahri, perwakilan PT Pertamina EP Cepu (PEPC) Zona 12.

Sosialisasi juga melibatkan warga desa dalam pembentukan dan pelatihan HIPPAM. HIPPAM merupakan organisasi yang bertugas mengelola sumber daya air, memungut iuran, dan menjaga kualitas air bersih yang disalurkan kepada masyarakat. Pembentukan HIPPAM diharapkan dapat memastikan kelangsungan program peningkatan air bersih ini dalam jangka panjang.

Selain itu, dalam rembug desa yang dilaksanakan hari ini, warga Desa Semanding aktif berpartisipasi dengan memberikan masukan, saran, dan aspirasi terkait program ini. Hasil dari rembug desa akan menjadi pedoman dalam pelaksanaan program peningkatan sarana air bersih.

Program ini direncanakan akan dilaksanakan secara bertahap, dimulai dari pembenahan sistem penyediaan air bersih, perbaikan infrastruktur, hingga pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan air bersih. Tujuan akhir dari program ini adalah untuk meningkatkan kualitas hidup warga Desa Semanding dan memastikan keberlanjutan sumber air bersih yang berkualitas.

Didukung oleh PEPC , Pemerintah Desa Semanding bersama dengan seluruh warga desa berharap bahwa program peningkatan sarana air bersih ini akan menjadi tonggak penting dalam memenuhi kebutuhan dasar masyarakat dan meningkatkan kualitas hidup di Desa Semanding. (Tris/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *