Siap Raih WBK, Lapas Lamongan Terima Verifikasi Lapangan TPI

Daerah, News, Peristiwa22 Dilihat

Lamongan,Sidik Nusantara – Sebagai rangkaian penilaian evaluasi pembangunan zona integritas oleh Tim Penilai Internal (TPI) Inspektorat jenderal Kemenkumham melakukan Verifikasi Lapangan Pembangunan Zona Integritas menuju predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kantor Wilayah Kemenkumham Jatim, Sabtu(11/05).

Kegiatan yang merupakan kegiatan lanjutan dari wawancara/desk evaluasi sebelumnya, kegiatan yang ditinjau langsung oleh anggota TPI. TPI sendiri melakukan verifikasi lapangan secara rinci dengan melakukan crosscheck data dan paparan yang telah disampaikan sebelumnya pada sesi wawancara/desk evaluasi.

Didampingi langsung oleh Kepala Lapas (Kalapas) Lamongan ,Mahrus ,bersama Kepala KPLP ,Andi Eko, TPI meninjau langsung segala sarana prasarana dan alur pelayanan yang ada di Lapas Lamongan mulai dari PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu).

Pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu, TPI menanyakan mengenai pelayanan yang diberikan seperti alur/proses layanan, nomor handphone informasi dan pengaduan, serta banner-banner Wilayah Bebas dari Korupsi yang dipasang di Lapas Lamongan.

Lebih lanjut, TPI meninjau Inovasi yang ada di Lapas Lamongan yaitu Pertama, Pengelolaan pencemaran lingkungan ,penanganan banjir dan konservasi air bersih.Kedua, Unit research budidaya padi varietas unggul. Ketiga, Perubahan budaya kerja pengamanan berbasis IT (E-TROLING). yang mana kesemuanya itu merupakan 3 inovasi unggulan Lapas Lamongan.

Kalapas Lamongan ,Mahrus, mengungkapkan bahwa Lapas Lamongan beserta seluruh jajaranya selalu mengikuti arahan serta masukan dari TPI guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.”Semoga dengan verifikasi lapangan ini, tim penilai dapat melihat secara langsung komitmen Lapas Lamongan untuk dapat meraih predikat WBK pada tahun ini, “Harap Mahrus.

Pelaksanaan verifikasi lapangan ini menjadi salah satu tolak ukur terhadap progress dan capaian penerapan Zona Integritas pada Lapas Lamongan dalam keseriusan meraih predikat WBK 2024. Selain itu, sebagai bukti guna mewujudkan Clean dan Good Governance melalui pelayanan prima kepada seluruh masyarakat.

Dukungan dan komitmen dari semua pihak diharapkan dapat menghasilkan pelayanan yang lebih baik dan memenuhi standar integritas yang tinggi. (Wan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *