Desa Brubuh Lakukan Rehabilitasi Taulud Penahan Tanah Dengan Dana Desa Tahun 2022

Daerah, News206 Dilihat

Ngawi, sidiknusantara.com – Untuk mengantisipasi terjadinya longsor di jalan desa, Pemerintah Desa Brubuh, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi melakukan rehabilitasi Talut Penahan Tanah (TPT) dengan memanfaatkan dana desa tahun anggaran 2022.

Rehabilitasi TPT itu dikerjakan dengan melibatkan warga setempat mulai dari perencanaan hingga pelaksana, sehingga pemanfaatan Dana Desa bisa langsung menyentuh ke masyarakat

Kepala Besa Brubuh Muhtarom mengatakan, dalam Rehabilitasi TPT bertujuan untuk memperlebar jalan desa dan dalam hal itu untuk menyangga tanah jalan agar tidak terjadi longsor. Selain itu juga untuk memperindah tata kelola lingkungan desa utamanya wilayah warga Desa Brubuh, sehingga menjadi lebih tertata, bersih dan tidak kumuh.

“Untuk anggaran pembangunan TPT ini bersumber dari dana desa tahun 2022 sejumlah Rp. 61.045.000.00, untuk lokasi rehabilitasi Talut Penahan Tanah yang berada di Dusun Kayangan , RT 003, RW 002 dengan volume 22 meter,” jelasnya, Kamis (21/04/2022).

Muhtarom menambahkan Rehabilitasi TPT itu prioritas guna mengantisipasi agar tidak terjadi longsor di bahu jalan, sebab tanah di desa Brubuh ini kebanyakan dataran tinggi dan selain itu jalan tanahnya menggerus setiap musim hujan.

“Warga umumnya berprofesi sebagai petani itu telah merasakan manfaat dana desa melalui pembangunan ini, sebab semenjak program Dana Desa digulirkan oleh Pemerintah Pusat untuk khususnya Pemerintah Desa Brubuh sudah banyak membangun infrastruktur, guna meningkatkan geliat perekonomian masyarakat,” imbuhnya. (Man/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *