Antisipasi PMK, Babinsa Kalitidu Bersama Petugas Puskeswan Periksa Hewan Ternak

oleh

Bojonegoro, sidiknusantara.com – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 17/Kalitidu, Kodim 0813 Bojonegoro, Serda Lukman Supriyadi, melaksanakan pendampingan tim Dinas Kesehatan Peternakan Kecamatan Kalitidu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan hewan ternak baik kambing maupun domba di Pasar hewan Kecamatan Kalitidu, Sabtu (14/5/2022).

Dalam pendampingannya, Serda Lukman Supriyadi, mengatakan bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi penularan virus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Selain memeriksa kesehatan pada hewan ternak, juga diberikan penyuluhan secara teori terkait virus PMK kepada para peternak oleh Dinas Peternakan Kecamatan Kalitidu serta penyemprotan cairan disinfektan.

Salah satu cara pencegahan yang baik terhadap virus PMK itu tidak hanya memberikan makanan yang bagus untuk hewan ternak, tetapi juga faktor kandang yang harus memenuhi syarat.

Sarana prasara seperti kandang untuk hewan ternak harus selalu dijaga kebersihannya. Karena itu, peternak diharapkan setiap pagi dan sore rajin membersihkan kotoran hewan yang ada di dalam kandang.

“Diharapkan, para peternak ekstra melakukan mengawasi maupun merawat hewan ternaknya,” kata Serda Lukman Supriyadi.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala UPT Puskeswan Kalitidu, DRH. Lutfi, Dinas Peternakan Kecamatan Kalitidu, Kepala Pasar Desa Kalitidu dan Pemdes Kalitidu, serta Bhabinkamtibmas Polsek dan Satpol PP Kecamatan Kalitidu. (Triss/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.