Bentuk Generasi Yang Berkarakter, Kodim 0811 Tuban Gelar Persami Pramuka Saka Wira Kartika

Daerah, News196 Dilihat

Tuban, sidik nusantara – Rangkaian kegiatan Perkemahan Sabtu dan Minggu (Persami) Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) Program Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika TA. 2022 Kodim 0811 Tuban telah digelar, yang mana dibuka oleh Kasdim 0811 Tuban Mayor Czi Gatot Palwo Edi dengan ditandai penyematan tanda peserta, bertempat di Bumi Perkemahan Pantai Sowan, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, Sabtu (25/06/2022).

Gelaran Persami SWK bertema “Mewujudkan Binter TNI AD Yang Adaptif Melalui Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Guna Membentuk Generasi Muda Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan” tersebut, juga dihadiri para Perwira Staf Kodim 0811 Tuban, para Danramil jajaran Kodim 0811 Tuban serta tamu undangan lainnya.

Kepala Staf Kodim 0811 Tuban Mayor Czi Gatot Palwo Edi dalam amanatnya menyampaikan, semoga kegiatan Persami Saka Wira Kartika (SWK) berjalan aman dan tertib sesuai agenda yang telah ditetapkan, berkat kesungguhan dan kedisiplinan para peserta mengikuti setiap kegiatan, serta keseriusan para pembina maupun pembimbing dan instruktur dalam menjalankan tanggung jawabnya masing-masing.

Dengan hadirnya Persami Saka Wira Kartika Pramuka ini, diharapkan semakin memperkokoh Persatuan dan Kesatuan diantara peserta, meningkatkan kemampuan dan keterampilan Kepramukaan serta menumbuhkan kesadaran akan pentingnya hak dan kewajiban Bela Negara, maupun kepedulian terhadap lingkungan sosial di sekitarnya.

Perwira menegah melati satu itu berpesan kepada para peserta Persami SWK agar apa yang telah dipelajari ataupun berbagai pengalaman yang diperoleh selama mengikuti perkemahan supaya benar-benar dipedomani dan dikembangkan di lingkungan masing-masing, serta menjadi kader-kader Pramuka yang berkualitas sekaligus menjadi contoh tauladan bagi teman-teman lainnya, baik dalam kegiatan Pramuka maupun dalam meraih prestasi belajar di Sekolah.

“Sebagai anggota Pramuka kalian tentu memiliki nilai tambah dan keunggulan di bidang karakter. Hal ini hendaknya menjadikan kalian pribadi yang lebih disiplin dan giat dalam belajar serta lebih hormat terhadap sesama baik teman maupun guru, terlebih lagi kepada orang tua,” pesanya.

Demikian juga kepada para pembina, pembimbing dan instruktur serta semua unsur terkait dengan Gerakan Pramuka khususnya SWK di wilayah Kodim 0811 Tuban agar terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan Kepramukaan di lingkungan masing-masing, serta menjadikan Gerakan Pramuka sebagai sarana untuk mencetak kader-kader Bangsa yang handal, baik pada aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.

“Kita semua berharap keberadaan Saka Wira Kartika Pramuka jajaran Kodim 0811 Tuban dapat menjadi kawah candra dimuka untuk membentuk kader-kader generasi muda yang berkarakter, berdisiplin, berwawasan kebangsaan, patriotik, militan dan terpatri rasa cinta tanah air serta memiliki semangat Bela Negara yang tinggi untuk mempertahankan keutuhan NKRI,” harap Kasdim

Usai pembacaan amanat dan penyataan Persami dilanjutkan dengan kegiatan Kepramukaan, yang mana akan menerima pembekalan dari Pembina Pramuka dan Pramuka Senior, seperti materi Keorganisasian, materi PPGD (Pertolongan Pertama Gawat Darurat), Wawasan Kebangsaan dan PBB (Peraturan Baris-Berbaris). Pemantapan Krida seperti Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Survival, Krida Penanggulangan Bencana dan Out bond dibekali kepada para peserta. (Kam/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *