Wujudkan Pilkades Serentak Gelombang I Berjalan Aman, Satpol PP Bojonegoro Berikan Pembinaan Satlinmas

Bojonegoro, Headline, News206 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Untuk mewujudkan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Bojonegoro, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bojonegoro memberikan pembinaan terhadap anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa di Pendopo Kecamatan Sumberrejo, Kamis (28/07/2022).

Kegiatan pembinaan Satlinmas Desa ini dipimpin langsung oleh Kasat Pol PP Kabupaten Bojonegoro Arief Nanang S, STP,. MM dan turut hadir Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah secara virtual, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bojonegoro Joko lukito, Camat Sumberrejo Gunardi, Danramil Sumberrejo Kapten Inf Kasbolah dan Kapolsek Sumberrejo Iptu Fathkur Rahman.

Kasat Pol PP Bojonegoro Arief Nanang Sugianto, STP., MM menjelaskan, pembinaan ini dalam rangka persiapan menghadapi pelaksanaan Pilkades gelombang I tahun 2022 di Kabupaten Bojonegoro pada 26 Oktober 2022 mendatang. Pembinaan ini bertujuan untuk mematangkan para anggota Satlinmas untuk mengamankan penyelanggaraan Pilkades serentak nanti baik dari segi kesiapan anggota maupun sarana dan prasarana.

Menurutnya, Satlinmas memiliki peran penting untuk membantu aparat kepolisian dan TNI, dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Peran Satlinmas sangat penting karena saat ini garda di depan yang memahami lokasi desa adalah linmas desa dan jumlah TPS semakin banyak otomatis jumlah linmas juga akan semakin banyak dan membutuhkan tenaga pikiran yang cukup besar pula,” ucapnya.

Masih menurut Kasat Pol PP Kabupaten Bojonegoro, pelaksanaan Pilkades masih lama. Akan tetapi tahapannya sudah di mulai. Untuk itu, anggota Satlinmas harus tau dan memahami serta bisa memberikan pemahaman informasi diwilayahnya masing-masing agar memahami tupoksinya.

Bupati Bojonegoro, Anna Mu’awanah melalui virtual menyampaikan, tugas Linmas terhadap pengamanan Pilkades nanti sangat berat. Maka dari itu selalu memahami tupoksinya dan selalu menjaga kesehatan ketika menjalankan tugas nanti.

“Saya harapkan kegiatan pilkades ini berjalan degan lancar tanpa kendala apa pun serta berharap jangan sampai nanti ada sengketa terkait pilkades di kemudian hari, karena apa nantinya yang di gugat adalah kepala daerah, mari kita saling bekerja sama agar penyelengaraan ini sukses,” tegas Bupati Anna.

Bupati Anna berpesan, peran panitia diharapkan betul-betul menjunjung tinggi rasa keadilan. Sebab, Pilkades saat ini berbeda, maka potensi-Potensi kerawanan sangat besar. maka dari itu peran Satlinmas sangat penting di tingkat desa untuk bisa mengantisipasi adanya konflik.

“Tolong diantisipasi kerawanan pasca pemilihan kepala desa. Biasanya setelah pemilihan permusuhan antar pendukung pasti akan ada dan tugas Satlinmas kedepan akan lebih berat untuk menjaga keamanan ketertiban di tingkat desa,” pesan Bupati Anna.

Sementara, Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Bojonegoro, Joko lukito mengungkapkan, perbedaan Pilkades tahun ini dengan tahun sebelumnya adalah ada perbedaan dari kepanitiaan, mulai dari tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Desa. Selain itu, sesuai permendagri, panitia pengawas dan TPS tidak boleh ada di satu lokasi dan harus tersebar di wilayah baik di Dusun, gabungan RT, atau gabungan RW dengan tujuan apabila terjadi drow perolehan suara maka tidak ada pilihan ulang siapa yang terpilih mempunyai pemenangan terbanyak di TPS serta menghindari penyebaran Covid-19.

“Saat ini sudah memasuki masa pengumuman pendaftaran calon Kepala Desa sampai tgl 3 agustus,
saya berharap linmas mengantisipasi atau dapat mencegah dini bersama TNI, Polri dan Satpol PP. Kalau ada hal-hal yang mencurigakan segera koordinasikan degan pihak-pihak berwajib yang terkait. Saya mohon dengan hormat anggota Satlinmas bisa membantu mensukseskan pilkades serentak gelombang 1 tahun 2022 di Kabupaten Bojonegoro,” tuturnya. (Pras/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.