Sinergi BPJS Kesehatan Dan Media Galakkan Program REHAB

Bojonegoro, News3 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Sebagai upaya menyebarluaskan informasi mengenai program Rencana Pembayaran Bertahap (Rehab) bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) melalui media, BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro menggelar kegiatan Media Workshop sekaligus sosialisasi Program REHAB yang dihadiri oleh seluruh media di Kabupaten Bojonegoro, Jumat (26/08/2022).

Kepala Bidang Keuangan BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro, Moch Iwan Riasmoko menjelaskan Program REHAB adalah inovasi yang dihadirkan BPJS Kesehatan untuk memberikan keringanan dan kemudahan pembayaran tunggakan iuran secara bertahap bagi peserta JKN segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Bukan Pekerja (BP) atau peserta mandiri.

“Pembayaran tunggakan bertahap ini sudah termasuk memperhitungkan tunggakan untuk satu keluarga. Selama periode pembayaran tunggakan bertahap, status kepesertaan belum aktif,” jelas Iwan.

Lebih lanjut, Iwan menjelaskan terdapat syarat dan ketentuan yang berlaku bagi peserta yang ingin mengikuti Program REHAB tersebut. Pertama, peserta memiliki tunggakan lebih dari 3 bulan atau 4-24 bulan. Kedua, mendaftar melalui aplikasi Mobile JKN atau BPJS Kesehatan Care Center 165.

“Cara pendaftarannya dapat memilih rencana pembayaran bertahap pada menu home aplikasi Mobile JKN. Setelah muncul informasi awal mengenai Program REHAB, kemudian klik lanjut akan muncul informasi total tunggakan. Setelah muncul syarat dan ketentuan Program REHAB jika peserta menyetujui akan muncul simulasi tagihan pembayaran bertahap serta jangka waktu pembayaran bertahap minimal dua bulan dan maksimal setengah dari total bulan menunggak,” terang Iwan.

Iwan mengapresiasi kontribusi rekan-rekan media di Kabupaten Bojonegoro dalam menyebarluaskan pemberitaan mengenai Program JKN sehingga diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Bojonegoro dapat memahami mengenai Program JKN dan manfaat yang didapatkan sebagai peserta JKN.

“Terima kasih pada rekan-rekan media di kabupaten Bojonegoro yang telah membantu memberikan informasi mengenai Rehab ini pada teman, sanak saudara maupun keluarga,“ tambah Iwan.

Pada kesempatan tersebut, salah satu peserta yang hadir, Galuh Setiyadi menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan ini. Menurutnya kegiatan ini dapat membantu meningkatkan kolaborasi antara BPJS Kesehatan dengan stakeholder dalam penyampaian informasi seputar Program JKN.

“Alhamdulillah sejak dulu memang sudah berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro. Banyak informasi-informasi baru yang saya dapatkan. Bravo untuk BPJS Kesehatan Cabang Bojonegoro. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, karena tanpa rekan-rekan media, kami juga tidak dapat memberikan informasi pada masyarakat tentang Program JKN,” pungkas Galuh. (*/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.