Cegah Stunting, Kepala Desa Durikulon Bersama Bidan Lalukan Monitoring Posyandu

Daerah, News239 Dilihat

Lamongan, sidik nusantara – Kepala Desa Durikulon, Kecamatan Laren, Kabupaten Lamongan bersama Bidan Desa dan Tri Intan Swastika Ratih melaksanakan monitoring Posyandu di Balai Desa Durikulon, Selasa (03/01/2023). Monitoring tersebut dilakukan untuk memastikan proses pemeriksaan balita untuk mencegah stunting.

Bidan Desa Durikulon, Riza Safitri, Amd. Kep menjelaskan, kegiatan Posyandu ini meliputi pemeriksaan terhadap bayi dan balita dengan layanan penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala, evaluasi tumbuh kembang serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang pada balita. Posyandu ini diikuti kurang lebih 70 anak yang dilakukan pemeriksaan dilanjutkan pemberian Vitamin nutrisi dan Buah-buahan.

”Hasil pemeriksaan ini kemudian dicatat dalam buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) atau Kartu Menuju Sehat (KMS),” ucapnya.

Selain pada balita, kegiatan kali ini bersamaan dengan pemeriksaan kesehatan terhadap ibu bapak lansia yang ada di Desa Durikulon pemeriksaan kesehatan tersebut ikuti kurang lebih sebanyak 80 lansia.

Semetara Kepala Desa Durikulon, Ali menambahkan, kegiatan ini untuk mencegah stunting dan perlu diadakan sosialisasi kembali terutama kepada ibu-ibu hamil.

“Karena stunting sendiri bukan berdasarkan faktor keturunan tapi adanya kekurangan asupan gizi sejak bayi di dalam kandungan,” pungkasnya.

Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulannya yang melibatkan kader posyandu dan ibu-ibu PKK. (Wan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *