Dukung Stok Darah Aman, PEPC JTB Sinergi Dengan PMI Bojonegoro Gelar Donor Darah

Bojonegoro, News132 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Guna mendukung ketersediaan stok darah aman, PT Pertamina EP Cepu, Zona 12 (JTB), Regional Indonesia Timur berkolaborasi dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bojonegoro. Kerjasama ini dalam bentuk kegiatan donor darah bagi pekerja di lingkungan PEPC JTB yang dilaksanakan di Fire Building Stations JTB, Ngasem, Bojonegoro, Jawa Timur pada Rabu (12/07/2023).

Menurut Occupational Health & Industrial Hygienist HSSE Zona 12 Irpan Nurhakim, kegiatan ini sejatinya masih dalam rangka semangat memperingati Hari Donor Darah sedunia yang jatuh pada bulan lalu.

“Dengan semangat peringatan Hari Donor Darah sedunia, kita hendak berkontribusi pada bidang kesehatan masyarakat dalam bentuk ketersediaan stok darah di Kabupaten Bojonegoro,” terangnya.

Kegiatan ini pun mendapatkan respon yang positif dari para pekerja di JTB. Mereka yang tingkat keaktifan dalam pendonoran cukup tinggi memanfaatkan kesempatan ini dengan langsung berdonor. Setelah melalui proses registrasi dan skrining, para peserta langsung mengikuti pengambilan darahnya yang dilakukan oleh petugas PMI. Puluhan pendonor turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Meski rata-rata peserta yang hadir sudah pernah donor darah sebelumnya, namun dalam kesempatan kali ini ada juga peserta yang baru melakukan untuk pertama kalinya. M. Nur Insan Kamil (22) dari fungsi PPO mengaku cukup exited dengan kegiatan ini. Menurut Kamil sebelumnya tidak tahu sama sekali tentang donor darah sehingga terdorong untuk berpartisipasi.

“Menurut info, donor darah ini dapat menyehatkan, karena sirkulasi darah semakin baik ya,” ungkapnya.

Senada dengan Kamil, Dicky Asrul (21) rekan satu fungsi di PPO mengaku baru bisa mendapatkan pengalam donor darah kali ini karena sebelumnya tidak lolos screening.

“Dulu pernah mau ikut tapi belum bisa. Katanya bisa menyehatkan, makanya berani untuk donor darah. InsyaAllah jika ada kesempatan dan sesuai syaratnya akan terus aktif donor. Untuk berbagi jika ada saudara yang membutuhkan,” urainya.

Berkat partisipasi aktif para perwira pertiwi serta seluruh pihak yang berada di lingkungan JTB, kegiatan yang diinisiasi oleh fungsi HSSE PEPC JTB ini berhasil mengumpulkan sebanyak 81 labu kantong darah. Dari jumlah tersebut masing-masing dengan rincian gol. darah A sebanyak 18 kantong darah, B sebanyak 22 kantong darah dan terbanyak gol. darah O yakni sebanyak 39 kantong darah. Sisanya dua kantong darah merupakan gol. Darah AB.

Pada Februari lalu dalam rangka memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional PEPC JTB juga menggelar kegiatan donor darah. Seluruh hasil donor darah hari ini akan disalurkan melalui PMI. Diharapkan, kedepan sinergi dengan PMI dapat kembali dilaksanakannya untuk mendukung stok darah di Bojonegoro. (Tris/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *