Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dan Pemerintah Bojonegoro Dukung UMKM Lokal Melejit ke Pasar Global

Bojonegoro, News86 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan Forum IKM Jawa Timur Cabang Bojonegoro, telah menggelar acara pengabdian kepada masyarakat bertajuk “UMKM Lokal Go International: Penyusunan Company Profile dan Analisis Laporan Keuangan Bagi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Bojonegoro”. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26 Agustus 2023, di Gedung Pusat Informasi Publik (PIP) Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bojonegoro.

Acara ini merupakan upaya konkret untuk meningkatkan daya saing UMKM lokal dan mempersiapkan mereka untuk berkompetisi di pasar internasional. Peserta pelatihan terdiri dari 30 anggota UMKM yang aktif dalam Forum IKM Jawa Timur Cabang Bojonegoro (FIJ Cabang Bojonegoro).

Program kolaboratif antara Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan Forum IKM Jawa Timur Cabang Bojonegoro telah dimulai sejak tahun 2021. Program ini bertujuan untuk mendampingi UMKM lokal dan membantu mereka mengatasi tantangan yang dihadapi. Salah satu langkah krusial di tahun ketiga kolaborasi ini adalah pemberian pelatihan tentang penyusunan company profile yang profesional dan analisis laporan keuangan yang akurat.

Pembicara utama sekaligus Ketua Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah Riska Nur Rosyidiana, S.E., M.Ak., CRA., CAPF. Ia memberikan panduan dalam analisis laporan keuangan yang mendalam, menjelaskan pentingnya memahami laporan keuangan dalam menjalankan usaha. “Analisis laporan keuangan yang baik adalah kunci untuk membuat keputusan bisnis yang tepat,” Ujar Riska Nur Rosyidiana.

Pembicara lainnya, Rizka Miladiah Ervianty, S.E., M.S.M, membahas tentang penyusunan company profile yang efektif. Ia menjelaskan bagaimana sebuah profil perusahaan yang baik dapat membantu UMKM menarik perhatian investor dan konsumen potensial.

Selain para pembicara, dosen dan mahasiswa dari Fakultas Vokasi Universitas Airlangga turut berpartisipasi dalam acara ini, memberikan pendampingan kepada peserta dalam penyusunan company profile dan analisis laporan keuangan. Ini adalah bukti nyata kolaborasi yang kuat antara perguruan tinggi, pemerintah dan masyarakat dalam mendukung pengembangan UMKM lokal.

Pentingnya penyusunan company profile dan analisis laporan keuangan tidak bisa diabaikan bagi UMKM yang ingin bersaing di panggung internasional. Company profile berperan sebagai “wajah” bisnis yang memberikan citra dan identitas yang kuat di mata pasar global. Ini bukan hanya sekedar gambaran bisnis, tetapi juga alat untuk membangun merek yang terpercaya dan menarik investor serta mitra bisnis internasional. Kredibilitas dan profesionalisme yang ditampilkan melalui company profile sangat penting dalam membedakan UMKM di pasar yang padat persaingan global.

Sedangkan analisis laporan keuangan adalah instrumen kunci dalam pengambilan keputusan bisnis yang tepat. Di tengah dinamika pasar internasional yang beragam, UMKM perlu memahami secara mendalam kinerja keuangan mereka. Laporan keuangan membantu dalam mengukur kesehatan finansial bisnis, mengidentifikasi masalah potensial, dan mengelola risiko keuangan. Selain itu, laporan keuangan yang akurat dan rinci juga meningkatkan daya tarik bagi investor dan pemberi pinjaman internasional yang seringkali memerlukan data keuangan yang kuat sebelum mereka bersedia mendukung ekspansi bisnis internasional UMKM. Dengan demikian, baik company profile maupun analisis laporan keuangan memainkan peran sentral dalam membantu UMKM memasuki pasar internasional dan mencapai keberhasilan dalam lingkungan bisnis global yang kompetitif.

Para peserta pelatihan juga sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Ibu Therima Nurvika, pemilik usaha PikaPiko Gallery, berkomentar, “Saya merasa sangat beruntung bisa mengikuti pelatihan ini. Pengetahuan yang saya dapatkan akan sangat berguna dalam mengembangkan bisnis saya ke tingkat internasional.”

Sekretaris Dinas (Sekdin) Komunikasi dan Informasi Informasi (Kominfo) Kabupaten Bojonegoro, yang turut hadir dalam acara ini, menyampaikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

“Saya sangat bangga dengan semangat dan dedikasi UMKM Bojonegoro untuk berkembang. Dengan pengetahuan yang mereka peroleh hari ini, saya yakin mereka akan menjadi kekuatan baru dalam perekonomian global” ujarnya.

Acara “UMKM Lokal Go International” ini telah memberikan dorongan besar bagi para pelaku UMKM di Bojonegoro untuk melangkah lebih jauh dalam mengembangkan bisnis mereka dan meraih kesuksesan di tingkat internasional. Dengan dukungan dari berbagai pihak, masa depan cerah UMKM Bojonegoro di panggung global semakin dekat. (Tris/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *