Kades Mudzakir Sukses Gelar Karnafal HUT RI Ke-78 di Datinawong Babat

Daerah, News86 Dilihat

Babat, sidik nusantara – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI ke 78, Pemdes Datinawong Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan, menggelar karnaval budaya yang diikuti warga masyarakat dari tingkat RT/RW dan Lembaga serta komponen masyarakat lainnya se Desa Datinawong dengan route mengelilingi jalan kampung per kampung di desa setempat.

Acara karnaval tersebut berkumpul di lapangan depan Balai Desa Datinawong sebagai titik kumpul para peserta pawai karnaval. ( 30/8/2023).

Semarak karnaval Agustusan diikuti mulai dari anak-anak, sekolah PAUD, TK, MI, SD, MTs dan sekolah SMA di wilayah se Desa Datinawong dan para pemuda remaja hingga orang tua masing-masing peserta mengenakan berbagai atribut dan pakaian adat lainya dan juga ada orang dewasa yang mengenakan seragam sekolah untuk mengingat masa–masa sekolah, yang menjadi unik salah satu peserta karnaval ada yang mengunakan kostum hantu.

Kepala Desa Datinawong, Mudzakir saat melepas peserta karnaval budaya didampingi Ketua Panitia HUT Kemerdekaan RI ke 78 tahun 2023 beserta jajarannya menyampaikan bahwa “Karnaval budaya ini diharapkan untuk ke depan di tahun mendatang akan terlaksana dengan baik dan lebih meriah” ucapnya.

Mudzakir juga memaparkan, karnaval budaya juga sangat penting karena merupakan kearifan lokal yang tiap masing – masing desa tidak sama dan mengajak kepada warga masyarakat Desa Datinawong memaknai Kemerdekaan RI yang ke 78 dengan mengingat, bahwa bangsa Indonesia ini adalah bangsa yang selalu bergotong royong untuk mencapai tujuan bersama, terlepas dari adat, budaya, agama dan ras apapun.”Itu adalah modal utama bangsa Indonesia untuk persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia” pungkasnya Mudzakir selaku Kepala Desa Datinawong.

Karnaval ini juga tidak kalah menarik karena di ikuti langsung Ketua Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Babat Beserta Pasukan Banser.

Saat awak media mendatangi salah satu peserta karnaval setempat menyampaikan pihaknya senang sekali karena di desanya setiap tahunnya mengadakan karnaval.

“Masing masing membawa kostum yang berbeda-beda dan ramai sekali” pungkas salah satu peserta karnaval. (Wan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *