SMKN 1 Sukorejo Pasuruan Diduga Lakukan Pungutan Berdalih Sumbangan

Daerah, News3134 Dilihat

Pasuruan, sidik nusantara – Dunia pendidikan tercoreng nama baiknya, akibat ulah Komite Sekolah dan Oknum Kepala Sekolah, diduga lakukan pungutan berdalih sumbangan SMKN 1 Sukorejo kabupaten Pasuruan Jawa Timur, selasa (26/09/2023).

Berdasarkan informasi yang diberikan salah satu wali murid SMKN 1 Sukorejo berserta bukti ke awak media sudah jelas ada pungutan atau sumbangan yang dilakukan oleh pihak sekolah melalui Komite sekolah,yang mana perbulannya 100 ribu jika dikali satu tahun jadi 1200,000 persiswa,jika dikalikan dengan jumlah siswa saat ini yang sekitar 1000 siswa lebih itu berapa dana yang terkumpul dari iuran atau sumbangan tersebut

Dari keterangan narasumber yang juga sebagai wali murid beliau bercerita ketika dipangil oleh oknum wali kelas sekolah SMKN I Sukorejo yang intinya di suruh melunasi tunggakan yang saat itu belum dibayar kan.

Sementara Kepala sekolah SMKN 1 Sukorejo saat dikonfirmask melalui pesan WA mengatakan jika ada yang keberatan terkait sumbangan bisa menyampaikan ke pihak sekolah dan disertai nama siswa dan alamatnya.

Dari keterangan narasumber yang juga wali murid dan bukti dan penjelasan Kepala sekolah SMKN 1 Sukorejo patut diduga ada kebohongan yang disampaikan melalui pesan WA oleh Kepala Sekolah SMKN 1 Sukorejo.

Padahal sudah jelas dalam aturan Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 pasal 12 huruf b sudah jelas komite sekolah di LARANG meminta iuran kepada siswa atau wali murid.

Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 juga menjelaskan tidak melarang komite sekolah mengalang dana untuk gedung dan infakstrutur kepada pihak luar entah ke perusahaan di sekitar sekolahan yang penting bukan perusahaan rokok.

Dari temuan tersebut kami berharap untuk dinas terkait agar supaya menindaklanjuti nya biar dunia pendidikan terutama diwilayah kabupaten Pasuruan tidak tercoreng oleh ulah oknum oknum yang mengatasnamakan untuk kepentingan pendidikan. (Lulu/Red)

Bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *