Haru! Kolaborasi Lembaga Ini Bantu Sejuta Air Bersih Atasi Kekeringan

Daerah, News331 Dilihat

Lamongan, sidik nusantara – Lembaga-lembaga Amil Zakat yang tergabung dalam Forum Zakat (FOZ) Jatim berkolaborasi membantu air bersih. Kegiatan ini sebagai bagian bentuk respon mengatasi kekeringan di Jawa Timur yang beberapa waktu belakangan melanda.

Kholaf Hibatullah selaku Ketua FOZ Jatim mengungkapkan kemarau di musim ini sudah terlalu panjang, banyak lokasi yang awalnya tidak pernah kesulitan air bersih, sekarang terjadi kesulitan air bersih. Bahkan, lokasi yang langganan sulit air bersih, semakin kesulitan air bersih.

“Setelah mendengar kabar kekeringan di beberapa lokasi, kami gerak cepat. Kami kumpulkan banyak lembaga zakat dan langsung merespon dengan mengumpulkan sejuta air bersih,” ujarnya saat membagikan air di desa Sarirejo Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan, Minggu (08/10/2023).

Tidak hanya di desa Sarirejo, FOZ Jatim juga membagikan di daerah daerah lain di Lamongan seperti di desa, Kedungkumpul, Dermo Lemahbang dan Cangkring.

“Rencananya air ini akan diberikan secara bertahap sesuai kebutuhan warga. para perwakilan lembaga hadir mengikuti kegiatan bantuan air bersih ini. Ada 25 tangki yang diberikan diwilayah tersebut dan diberikan bertahap sesuai kebutuhan warga Sarirejo dan sekitarnya,” tambah Kholaf, sapaan akrabnya.

Acara ini juga dihadiri oleh beberapa penjabat, diantaranya Sekertaris Camat dan Para Penjabat Desa. Sekcam, Arif Rohman Wibisono, berterimakasih karena bantuan ini memang sangat dibutuhkan.

“Saat ini kekeringan sudah melanda di wilayah kami. Banyak warga desa yang kesulitan mencari air. Untuk keperluan air sehari-hari, kami juga kesulitan. Dan bantuan ini hadir di waktu yang tepat. Terimakasih FOZ Jatim,” katanya.

Sebagai informasi, agenda kegiatan sejuta liter air ini terlaksana karena bantuan para donatur dan masyarakat. Selain di Lamongan, program ini direncanakan akan membantu krisis air di Ponorogo, Trenggalek, Bojonegoro, Lumajang, Madiun, Malang dan Jember. Bersama Forum Zakat yang berada dikota-kota tersebut. Semoga musim hujan segera tiba, agar lokasi yang mengalami krisis air bisa segera berakhir.

Lembaga Zakat yang ikut dalam agenda ini adalah LMI, YDSF, Yatim Mandiri, Nurul Hayat, PERSADA, DD Jatim, Pusat Amal, DD Jatim, BMH, BSI Maslahat, DAU, DT Peduli, Al Azhar, TAMASA, Taman Zakat, LAZ UQ, Rumah Zakat, Dompet Qur’an, PPPA, Tamasa, MAI, dan Sahabat Mustahik, LAZIS Nurul Falah. (Wan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *