Tanamkan Hidup Sehat, Lapas Lamongan Gandeng Dinkes Lamongan Gelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat

Daerah, News, Peristiwa37 Dilihat

Lamongan, Sidik Nusantara – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Lamongan Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenkumham Jatim bekerjasama dengan Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lamongan Cq puskesmas kota menggelar Kegiatan Pemasyarakatan Sehat, sebagai salah satu rangkaian Hari Bakti Pemasyarakatan Ke-60. Jum’at(19/04).

Bertempat di Aula Lapas Lamongan dihadiri oleh Kepala Lapas (Kalapas) Lamongan yang diwakilkan oleh Youman Sarip Selaku Kepala Seksi (Kasi) Binadik , turut hadir Kasubsie perawatan, petugas medis Lapas Lamongan dan petugas dari Dinas kesehatan kabupaten Lamongan cq Puskesmas kota.

Kegiatan ini difokuskan pada penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta Pemeriksaan Kesehatan dan pengobatan massal kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP)

Kegiatan penyuluhan PHBS ini bertujuan untuk meningkatkan, memelihara, dan melindungi kesehatan WBP di Lapas Lamongan, baik fisik, mental, spiritual, maupun sosial.

Kesehatan merupakan suatu hal yang sangat vital untuk setiap manusia, apalagi WBP yang sedang menjalankan pembinaan di Lapas atau Rutan yang notabene sangat berhimpit-himpitan dalam kesehariannya. Oleh karena itu dijelaskan beberapa indikator PHBS di Lapas yaitu menjaga kebersihan diri, rajin beraktivitas fisik, selalu menggunakan air bersih, membuang sampah pada tempatnya, tidak merokok, tidak meludah sembarangan, dan memberantas jentik nyamuk.

Kasi Binadik , Youman Sarip, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya melibatkan warga binaan dalam upaya menjaga kesehatan dan kebersihan.
“Kesehatan adalah hak bagi setiap individu, termasuk warga binaan di Lapas Lamongan. Dengan memberikan penyuluhan ini, kami berharap mereka dapat lebih sadar dan menerapkan pola hidup sehat, bahkan di dalam lingkungan Lapas sekalipun,” ujarnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan informasi kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh petugas Puskesmas kepada warga binaan yang telah berkumpul di Aula Lapas Lamongan.

Selesainya kegiatan penyuluhan diadakan pemeriksaan Kesehatan dan pengobatan massal kepada 78 WBP yang dilakukan secara bergatian, satu persatu WBP diperiksa kesehatannya mulai dari pengecekan suhu badan, pemeriksaan tekanan darah,cek gula darah dll, kemudian WBP diberikan obat.

Diharapkan dengan diadakannya penyuluhan kesehatan yang di lakukan bersama Dinkes cq Puskesmas Kota ini, lingkungan Lapas Lamongan dapat lebih baik lagi kedepannya dan Lapas Lamongan bisa terhindar dari penularan penyakit. (Wan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *