Antisipasi Banjir dan Tanah Longsor, Satgas TMMD 120 Kodim Bojonegoro bangun Pelindung Tebing Sungai

Bojonegoro, News30 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Sebagai upaya meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat, personel Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro melakukan kegiatan pembangunan pelindung tebing sungai sepanjang 26 meter di Desa Napis Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.

Pembangunan pelindung tebing sungai ini merupakan salah satu sasaran fisik pada kegiatan program terpadu dan lintas sektoral TMMD ke- 120 yang mengusung tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan Diwilayah’. Terlihat, para prajurit TNI dari 3 Matra (TNI AD, TNI AL dan TNI AU) ini saling bahu-membahu bersama masyarakat dalam upaya membantu meningkatkan kapasitas sungai untuk menampung dan mengalirkan air hujan dengan baik.

Dansatgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro, Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., menyampaikan bahwa pentingnya kerjasama atau sinergitas dalam menangani masalah lingkungan seperti pembangunan pelindung tebing sungai. Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan wujud nyata sinergitas antara TNI, Pemda dan masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup.

Pihaknya berharap, dengan pembangunan pelindung tebing sungai ini dapat mengurangi risiko bencana banjir dan mencegah terjadinya erosi tanah di sekitarnya. Partisipasi dari warga masyarakat juga aktif membantu dengan membersihkan dan merapikan aliran sungai.

“Hal ini menunjukkan kesadaran kolektif akan pentingnya lingkungan yang bersih, dan sehat untuk keberlangsungan hidup kita bersama,” ujarnya saat meninjau pengerjaan pembangunan pelindung tebing sungai, Minggu (12/5/2024).

Disampaikan juga, dengan semangat gotong-royong dan kebersamaan, personel Satgas TMMD akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian TNI membantu pemerintah daerah, baik itu dalam hal peningkatan kesejahteraan masyarakat maupun lingkungan hidup.

“Semoga kegiatan ini menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk berperan aktif dalam menjaga dan melestarikan lingkungan demi masa depan yang lebih baik,” pungkasnya. (Wan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *