TMMD 120 Tambakrejo, Satgas Kodim Bojonegoro dan Warga Bangun Sarpras Air Bersih

Bojonegoro, News24 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Dua desa di Kecamatan Tambakrejo yaitu Desa Malingmati dan Desa Napis menjadi pusat kegiatan program terpadu dan lintas sektoral TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro. Program yang mengusung tema ‘Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah’ akan berlangsung dari tanggal 8 Mei hingga 6 Juni 2024.

Kegiatan program TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD ini dilaksanakan sebagai wujud kepedulian TNI untuk membantu pemerintah daerah dalam memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dalam pelaksanaanya, program ini memiliki sasaran fisik dan non fisik.

Sasaran Fisik diprioritaskan untuk membangun infrastruktur peningkatan sarana dan prasarana serta fasilitas umum seperti pembangunan jalan aspal, rehab chek dam, TPT sungai, sarana air bersih dan pembangunan rumah tidak layak huni) dalam rangka percepatan pembangunan desa.

Sedangkan sasaran non fisik ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta menumbuhkembangkan ekonomi kerakyatan serta semangat gotong-royong dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat.

Seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD 120 Kodim 0813 bersama warga membangun Sarana Prasarana (Sarpras) air bersih di Desa Malingmati dan Desa Napis guna pemenuhan penyedian air bersih bagi masyarakat setempat.

Komandan SSK Satgas TMMD ke- 120 Kodim 0813 Bojonegoro, Lettu Inf Supratno, Senin (13/5/2024), mengatakan bahwa pembangunan Sarpras air bersih tersebut dilakukan sebagai upaya untuk membantu mengatasi kesulitan akan pentingnya kebutuhan air bersih, sekaligus untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dalam pengerjaannya, lanjut Komandan SSK Satgas TMMD 120 Kodim 0813 Bojonegoro mengatakan, pembangunan Sarpras air bersih tersebut dilakukan secara bergotong-royong antara anggota Satgas TMMD dan warga sekitar. “Harapan kedepan nantinya masyarakat bisa menjaga, serta merawat aset tersebut agar sarana prasarana yang sudah dibangun bermanfaat dan dapat digunakan dalam waktu yang lama,” ujar Lettu Inf Supratno.

Kepala Desa Malingmati, Karyadi, mengucapkan terima kasih dan apresiasi tinggi kepada Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dan TNI dalam hal ini Kodim 0813 Bojonegoro atas berlangsungnya kegiatan program TMMD ke- 120 tahun 2024 untuk kemajuan desa yang ia pimpin.

Dia juga mengajak seluruh warga masyarakat untuk bersama-sama terus mendukung, dan berpartisipasi aktif dalam setiap tahapan pembangunan fisik maupun non fisik yang dilaksanakan pada program TNI Manunggal Membangun Desa.

“Program TMMD ini banyak memberikan manfaat yang nyata bagi warga. Dengan semangat gotong-royong, serta sinergitas yang kuat antara TNI, pemerintah daerah dan masyarakat, pembangunan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan bagi kesejahteraan masyarakat desa,” pungkasnya. (Guh/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *