Maknai Berbagi Kebaikan dan Kedamaian: Pelaksanaan Idhul Adha di Lapas Kelas IIB Lamongan

Daerah, News, Peristiwa68 Dilihat

LAMONGAN,Sidik Nusantara – Lapas Kelas IIB Lamongan Kanwil Kemenkumham Jawa Timur, menggelar perayaan Idhul Adha dengan penuh khidmat dan kebersamaan. Acara ini tidak hanya menjadi momentum ibadah bagi warga binaan tetapi juga simbol kebaikan dan kedamaian di tengah-tengah rutinitas kehidupan penjara.

Bertindak selaku imam dan khotib pada pelaksaan Idul Adha 1445H yaitu Ahmad Shuhaib Najih dari Kementerian Agama Kabupaten Lamongan, dan dihadiri oleh petugas dan para warga binaan, pelaksanaan shalat Id dilangsungkan secara khusyuk di area lapangan serbaguna Lapas Lamongan yang telah disiapkan untuk kegiatan keagamaan. Suasana lapas yang biasanya diwarnai oleh rutinitas harian dan keterbatasan ruang, pada hari ini terasa berbeda. Para narapidana mengenakan pakaian yang layak untuk ibadah, menunjukkan semangat dan kehormatan mereka dalam menjalankan kewajiban agama.

Tidak hanya itu, semangat berbagi juga tercermin dalam kegiatan penyembelihan hewan kurban yang dilakukan dengan tertib dan berdasarkan prosedur yang ditetapkan. Hewan kurban yang diperoleh dari sumbangan berbagai pihak ini tidak hanya untuk konsumsi internal, tetapi juga disalurkan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan. Hal ini menggarisbawahi makna lebih dalam dari Idhul Adha, yaitu semangat berkorban dan berbagi rezeki kepada sesama.

Kepala Lapas Kelas IIB Lamongan, Mahrus, menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan hanya sekadar ritual ibadah, tetapi juga sebagai upaya untuk memperkuat nilai-nilai kemanusiaan dan kebersamaan di dalam lingkungan lapas. “Kami berharap, melalui momen Idhul Adha ini, warga binaan dapat merasakan kedamaian batin dan semangat untuk berbuat baik kepada orang lain,” ujarnya dengan penuh keyakinan.

Acara ini pun mendapat apresiasi dari berbagai pihak, baik dari kalangan internal lapas maupun masyarakat luas, yang melihatnya sebagai contoh nyata dari harmoni dan toleransi antarumat beragama. Semangat untuk terus menjaga dan meningkatkan kegiatan positif di dalam lembaga pemasyarakatan juga menjadi bagian dari komitmen untuk memberikan rehabilitasi yang lebih holistik bagi warga binaan.

Dengan demikian, perayaan Idhul Adha di Lapas Kelas IIB Lamongan tidak hanya menjadi momen keagamaan semata, tetapi juga sebagai wahana untuk memaknai berbagi kebaikan dan kedamaian di tengah-tengah kehidupan yang terbatas ini.(Humas Lapas Lamongan. (Wan/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *