Dinkes Dan Kominfo Bojonegoro Ajak Masyarakat Waspada Dan Berperan Aktif Cegah DBD

Bojonegoro, News217 Dilihat

Bojonegoro, sidik nusantara – Mengantisipasi kasus penyakit Demam Berdarah Dengue, Dinas Kesehatan bersama Kominfo Kabupaten Bojonegoro mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk waspada dan berperan aktif dalam upaya pencegahan DBD di Kabupaten Bojonegoro, Jumat (1/7/2022).

Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bojonegoro, dr. Whenny Dyah Prajanti mengatakan, bertepatan dengn peringatan ASEAN Dengue Day 2022, pihaknya memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat untuk mampu mencegah penyebaran DBD dengan menerapkan 3M plus, yakni menguras tempat yang sering menjadi penampungan air, menutup rapat tempat-tempat penampungan air dan memanfaatkan kembali limbah barang bekas yang bernilai ekonomis (daur ulang), menggunakan obat anti nyamuk, memasang kawat kasa pada jendela, memperbaiki saluran air serta memelihara ikan pemakan jentik nyamuk.

“Tujuan peringatan hari DBD adalah untuk meningkatkan komitmen nasional dan antar-anggota ASEAN pada upaya pengendalian demam berdarah. Baik pencegahan, penanggulangan, hingga tata laksana. Sehingga angka kejadian dan kematian akibat DBD dapat ditekan,” jelas dr. Whenny.

Berdasarkan data dari Dinkes Bojonegoro per Januari 2022, tercatat ada 112 kasus DBD untuk itu, Dr. Whenny mengimbau agar warga Bojonegoro khususnya, tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan segera lakukan pemeriksaan apabila mengalami gejala DBD seperti demam tinggi, nyeri otot, hingga mual dan muntah ke fasilitas kesehatan terdekat, agar bisa segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat. (Tris/Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *